SEKILAS INFO
: - Senin, 22-07-2024
  • 9 bulan yang lalu / Sekolah Pelangi Bangsa membuka pendaftaran Siswa Baru tahun ajaran 2024-2025 untuk KB-TK-SD
Hemat Energi Dari Sekarang!

 

Bumi sudah semakin tua, semakin butuh perawatan yang extra. Sama seperti halnya ketika kita memiliki sebuah barang, jika ingin membuatnya tahan lebih lama adalah dengan merawatnya secara telaten dan konsisten apalagi perihal Bumi yang menjadi satu-satunya tempat tinggal manusia. Dewasa ini, isu iklim semakin banyak dikarenakan suhu bumi yang semakin panas karena berkurangnya penghijauan. Banyak penghuni Bumi yang kurang menyadari rentanya Bumi, untuk itu aksi penghematan energi ini dapat dimulai sejak dini dan sangat dianjurkan untuk melakukan sosialisasi terutama di lingkungan sekolah, dimana waktu paling banyak dihabiskan anak-anak baik Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar sebagai tempat utama anak-anak dari usia emas sampai hampir remaja menuntut ilmu. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa dan Bumi itu sendiri.

Global Warming tidak hanya perihal banyaknya pohon yang ditebang, tetapi juga listrik sebagai sumber panas rumah tangga; rumah, sekolah, perkantoran bahkan area pabrik. Semakin padatnya lingkungan dengan bangunan tersebut, semakin banyak pula energi listrik yang dipakai. Salah satunya adalah lampu. Tidak dapat dipungkiri, energi lampu terlihat sepele namun lampu memberikan sumbangsih yang besar dalam energi istrik, melihat kita semua tidak bisa hidup tanpa lampu sebagai penerangan. Meskipun demikian, kita tetap dapat melakukan pengehematan energi lampu dengan beberapa langkah-langkah yang mudah dan sederhana. Lalu, diwaktu kapan saja sih kita dapat mematikan lampu? Yuk, lihat!

  1. Memasuki jam 5 pagi, segera matikan lampu kamar atau tempat lain yang lampunya masih menyala. Cara ini akan membantu menghemat energi dan juga memotong anggaran rumah tangga. Di samping itu, matahari sudah mulai menunjukkan jati dirinya, jadi buat apa menyalakan lampu kalau di luar terang benderang?
  2. Pada siang hari, mematikan lampu pada siang hari sangat penting. Memanfaatkan energi cahaya Matahari sebagai sumber alami Bumi sebagai penerangan. Dengan Matahari yang sudah panas, akan lebih baik kita mematikan lampu agar tidak membuat global warming semakin parah.
  3. Malam hari ketika tidur, mematikan lampu ketika tidur selain dapat menghemat energi semalaman juga memiliki banyak manfaat, yaitu: menjaga kualitas tidur, mengurangi depresi, menjaga kesehatan mata dan kulit, menunjang kesehatan reproduksi dan mengurangi resiko obesitas.

Oh ya, gerakan mematikan lampu ini juga ada perayaannya lho. Biasanya diadakan di hari sabtu terakhir bulan Maret. Acaranya cukup meriah dengan mengundang berbagai macam atraksi dari komunitas-komunitas setempat dan dilanjutkan dengan mematikan lampu di landmark kota. Mulai dari balai kota, gedung pemerintahan, taman, hingga pusat perbelanjaan. Jika ingin berpartisipasi tapi tidak bisa pergi keluar, lakukan saja di rumah. Padamkan semua lampu dan alat elektronik selama kurang lebih satu jam, dari pukul 20.30 hingga 21.30. Dengan begitu Anda telah mendukung acara perayaan Earth Hour ini dan membiarkan bumi menikmati kebebasannya meskipun hanya dalam waktu singkat. Mulai hemat energi yuk!

Sumber terkait:

Sahabat Nestle & HaloDoc.

 

TINGGALKAN KOMENTAR