SEKILAS INFO
: - Senin, 22-07-2024
  • 9 bulan yang lalu / Sekolah Pelangi Bangsa membuka pendaftaran Siswa Baru tahun ajaran 2024-2025 untuk KB-TK-SD
Menghemat Air

 

Konservasi air atau kegiatan mengurangi penggunaan air segar adalah sebagai salah satu aksi pengehematan sumber daya energy yang dapat diperbaharui. Seperti halnya air termasuk kedalam sumber daya tersebut, ini berarti air tidak terbuang sia-sia. Banyak sekali pemanfaatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan air. Seperti aksi kegiatan yang dilakukan Sekolah Pelangi Bangsa salah satunya adalah hydroponic pond, hasil program ini bertujuan untuk menanam dan konservasi air dimana kita memanfaatkan air kolam ikan Nila untuk media tanaman sayur-sayuran seperti kangkung, selada dan pakchoi. Membuat tanaman sayuran tersebut tumbuh tidak lagi menggunakan air yang segar.

Air juga menjadi sumber energi terbesar di Bumi, bayangkan saja luas laut Antartika seluas dua kali dari sebuah negara. Sebesar 2/3 atau 71% bagian dari Bumi adalah air hal itu bukan berarti kita dapat menggunakan air dengan semena-mena. Isu terbanyak perihal air adalah mengenai air bersih yang dikonsumsi dan juga digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dsb. Konservasi air memiliki beberapa tujuan diantaranya:

  1. Keseimbangan– Untuk menjamin ketersediaan untuk generasi masa depan, pengurangan air segar dari sebuah ekosistem tidak akan melewati nilai penggantian alamiahnya.
  2. Penghematan energi– Pemompaan air, pengiriman, dan fasilitas pengolahan air limbah mengonsumsi energi besar. Di beberapa daerah di dunia.
  3. Konservasi habitatРPenggunaan air oleh manusia yang diminimalisir untuk membantu mengamankan simpanan sumber air bersih untuk habitat liar lokal dan penerimaan migrasi aliran air, termasuk usaha-usaha baru pembangunan waduk dan infrastruktur berbasis air lain (pemeliharaan yang tidak lama).

Beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam rangka menghemat energi adalah dengan mematikan keran air jika sudah tidak terpakai dimana pun kita berada juga membuat biopori sebagai resapan air hujan atau air yang telah terpakai dalam rumah tangga dan yang lainnya. Banyak sekali daerah-daerah di dunia bahkan di Indonesia yang mengalami kelangkaan air yang berkepanjangan untuk itu program sosialisasi konservasi air sangatlah penting dan hal itu dapat kita lakukan dimulai dari rumah sendiri.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR